26 Jul 2011

Model Referensi OSI 7 Layer

Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) mulai mengembangkan Open System Interconnection (OSI) model referensi pada tahun 1977. Ini diciptakan untuk membakukan aturan jaringan agar semua sistem dapat berkomunikasi.  Agar komunikasi terjadi pada jaringan menggunakan driver perangkat yang berbeda dan tumpukan protokol, aturan untuk komunikasi harus didefinisikan secara eksplisit.
Model OSI dipecah menjadi 7 lapisan. Meskipun lapisan pertama adalah # 1, itu selalu ditampilkan di bagian bawah model. Kami akan menjelaskan mengapa kemudian. Untuk saat ini, ingat ini sedikit trik; Harap Jangan Katakan Sandi Rahasia Kapan saja.(Dari A + Sertifikasi For Dummies, IDG 1999) Berikut adalah tujuh lapisan.
      1. Lapisan Fisik
      2. Data Link Layer
      3. Network Layer
      4. Transport Layer
      5. Session Layer
      6. Presentation Layer
      7. Application Layer
 Layer Fisik 
Lapisan terendah pada model OSI, dan mungkin yang paling mudah untuk memahami adalah lapisan fisik. Lapisan ini berkaitan dengan, masalah fisik listrik, dan kabel yang terlibat dengan membuat koneksi jaringan.Ini berhubungan dengan setiap bagian dari struktur jaringan yang tidak memproses informasi dengan cara apapun. Lapisan fisik bertanggung jawab untuk mengirimkan bit-bit di media jaringan.  Ini tidak mendefinisikan apa yang sedikit atau bagaimana hal itu digunakan hanya bagaimana hal itu dikirim. Lapisan fisik bertanggung jawab untuk transmisi dan menerima data. Ini mendefinisikan tugas pin untuk koneksi serial, menentukan sinkronisasi data, dan mendefinisikan basis waktu seluruh jaringan itu. Ada beberapa item alamat dengan lapisan ini. yaitu :
  1. Koneksi jaringan jenis, termasuk multi-point dan point-to-point jaringan.
  2. Topologi Jaringan, termasuk cincin, bintang, bus, dan jaringan mesh.
  3. Analog atau Digital sinyal.
  4. Sinkronisasi bit (Ketika untuk mengirim data dan kapan harus mendengarkan untuk itu).
  5. Baseband Vs. Baseband Vs. Broadband transmissions. 
  6. Multiplexing (Menggabungkan beberapa aliran data ke dalam satu saluran).
  7. Terminasi, untuk memberikan kejelasan sinyal yang lebih baik dan untuk segmentasi node.

Layer Data Link

Layer Data Link bertanggung jawab untuk aliran data melalui jaringan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. layer ini  menerima data dari Network Layer, paket data menjadi frame, dan mengirimkannya ke layer Physical untuk distribusi. Dengan cara yang sama, ia menerima frame dari lapisan fisik dari komputer yang menerima, dan perubahan mereka ke dalam paket-paket sebelum mengirim mereka ke Network Layer. Layer Data link juga terlibat dalam deteksi kesalahan dan menghindari menggunakan Cyclic Redundancy Check (CRC) ditambahkan ke frame yang analisis komputer yang menerima. 

Aspek yang paling penting dari Layer Data Link dalam jaringan Broadcast, dimana lapisan ini menetapkan yang komputer di jaringan menerima informasi dan komputer yang relay atau mengabaikan informasi. Ia melakukannya dengan menggunakan Media Access Control (MAC), yang unik mengidentifikasi setiap Kartu Antarmuka Jaringan (NIC).

Layer Data Link dibagi menjadi dua lapisan. Hal ini dilakukan karena dua fungsi yang berbeda yang masing-masing sub-divisi menyediakan.
Logical Link Control - Membuat dan memelihara hubungan antara perangkat jaringan
Media Access Control - Tentukan berapa beberapa perangkat berbagi saluran media
Logical Link Control menyediakan Layanan Akses Poin (SAP) untuk komputer lain untuk membuat referensi ketika mengangkut data ke lapisan atas dari model OSI. Media Access Control memberikan setiap NIC alamat unik 12 digit heksadesimal.  Alamat ini digunakan oleh Logical Link Control untuk mengatur koneksi antara NIC.Setiap alamat MAC harus unik atau mereka akan menyebabkan crash identitas pada jaringan. Alamat MAC biasanya ditetapkan di pabrik, dan konflik jarang terjadi. But in the case of a conflict, the MAC address is user set-able. Tapi dalam kasus konflik, alamat MAC pengguna set-mampu.

Network Layer
Lapisan ini bertanggung jawab untuk membuat keputusan routing dan paket ke depan yang jauh kemudian satu link lagi. Dengan membuat lapisan jaringan yang bertanggung jawab untuk fungsi ini, setiap lapisan lain dari model OSI dapat mengirimkan paket tanpa berurusan dengan sistem di mana tepatnya terjadi menjadi pada jaringan, apakah itu 1 hop atau 10 hop jauhnya.
Dalam rangka memberikan layanan ini ke lapisan data link, maka harus mengubah alamat jaringan logis ke alamat fisik mesin, dan sebaliknya pada komputer penerima. Hal ini dilakukan sehingga tidak menyampaikan, routing, atau informasi jaringan harus diproses oleh tingkat yang lebih tinggi dalam model kemudian tingkat ini.  Pada dasarnya, setiap fungsi yang tidak menyediakan sebuah lingkungan untuk program-program pengguna mengeksekusi berada di bawah lapisan ini atau lebih rendah.
Lapisan jaringan juga bertanggung jawab untuk menentukan routing dan prioritas pesan. Dengan memiliki lapisan yang bertanggung jawab untuk prioritas, lapisan lain dari model OSI tetap dipisahkan dari keputusan routing.
 Ada beberapa item alamat dengan lapisan ini. They are; Mereka adalah;

    * Pengalamatan untuk jaringan logis dan alamat layanan.
    * Sirkuit pesan dan paket switching
    * Route discovery and selection Rute 
    * Koneksi layanan, termasuk kontrol aliran dan kontrol lapisan paket urutan.
    * Services Gateway
 
Transport Layer

Tugas utama lapisan transport adalah untuk yakin bahwa paket yang dikirim bebas dari kesalahan ke komputer menerima dalam urutan yang tepat tanpa kehilangan data atau duplikasi. Hal ini dilakukan dengan protokol stack mengirim acknowledgment dari data yang mengirim dan menerima, dan tepat checksum / paritas / sinkronisasi data yang dipertahankan.
Lapisan transport juga bertanggung jawab untuk memecah pesan yang besar menjadi paket kecil untuk lapisan jaringan, dan untuk kembali merakit paket ketika mereka diterima dari lapisan jaringan untuk diproses oleh session layer.

Session Layer
Lapisan sesi adalah bagian dari model OSI yang melakukan fungsi setup untuk membuat sesi komunikasi antara komputer. lapisan ini bertanggung jawab untuk banyak keamanan dan nama melihat-up fitur dari stack protokol, dan menjaga komunikasi antara komputer pengirim dan penerima melalui seluruh proses transfer. Menggunakan layanan yang disediakan oleh lapisan transport, lapisan sesi memastikan hanya hilang atau rusak data paket yang dikirimkan kembali, menggunakan metode disebut sebagai sinkronisasi data dan checkpointing.  Hal ini memastikan bahwa lalu lintas kelebihan tidak diciptakan pada jaringan dalam hal terjadi kegagalan dalam komunikasi.
apisan sesi juga menentukan siapa yang dapat mengirim data dan siapa yang dapat menerima data pada setiap titik dalam komunikasi. Tanpa dialog antara dua lapisan sesi, komputer tidak akan tahu kapan untuk mulai mengirim data dan kapan untuk mencari dalam lintas jaringan.

Lapisan Presentasi dan Aplikasi

Lapisan presentasi bertanggung jawab untuk percakapan protokol, penerjemahan data, kompresi, enkripsi, konversi set karakter, dan interpretasi perintah grafis antara komputer dan jaringan.
Unit kerja utama dalam presentasi adalah redirectors jaringan, yang membuat file server terlihat pada komputer klien. Jaringan juga bertanggung jawab untuk membuat printer jauh tampak seolah-olah mereka lokal.
Lapisan aplikasi menyediakan layanan yang mendukung aplikasi pengguna, seperti akses database, layanan e-mail, dan transfer file. Lapisan aplikasi juga memungkinkan Remote Access Server untuk bekerja, sehingga aplikasi muncul pada server remote host.  

sumber : 
http://www.tomax7.com/mcse/OSI-7Model.doc