12 Mar 2012

Cara membuat nomor halaman berbeda pada Microsoft Word

         Pembuatan nomor halaman berbeda pada sebuah dokumen seperti Microsoft word sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan kebanyakan dari sebuah karya tulis yang menggunakan Microsoft Word memerlukan nomor halaman yang berbeda-beda. Kebanyakan dan bahkan hampir semua dokumen microsoft word yang berisi karya tulis ilmiah seperti skripsi maupun tugas akhir terdiri atas beberapa buah file, bahkan sampai puluhan file. Hal ini terjadi karena kebutuhan akan nomor halaman yang berbeda namun mereka belum mengetahui bahwa ada fasilitas dari Word sendiri yang memungkinkan hal tersebut dapat dilakukan pada satu file saja.
       Fasilitas tersebut adalah Page Break. Fasilitas ini berada pada tab Page Layout jika anda menggunakan Word 2007 atau 2010. Pada dasarnya page break merupakan fasilitas untuk membuat sesi baru pada dokumen yang sama. Sehingga ketika anda memulai sesi baru, maka pengaturan yang berhubungan dengan layout halaman (page layout) bisa dikostumisasi secara bebas. 
     


Breaks sendiri juga mempunyai beberapa menu, yaitu : 

 

       Jika pada halaman tertentu kita telah membuat penomoran dengan format i, ii, iii, dan seterusnya sedangkan selanjutnya kita menginginkan penomoran dengan format 1,2,3 maka kita klik menu break next page. Maka pada halaman selanjutnya kita bisa mengkustomisasi nomor halaman dengan format yang kita inginkan.